Asem asem Iga

IMG_20180428_203031_040

Minggu kemaren sebetulnya kepengen makan asem2 iga ini. Lalu entah kenapa ema inisiatif masak sop iga yang dagingnya dipretelin dari tulangnya. Sedihlah hati ini.
Terus tadi pagi mungkin ema merasa bersalah, nawarin “neng katanya mau masak asem2 iga, ema cariin belimbing wuluhnya ya” 😘😘
Mungkin ini dagingnya kualitas bagus, dipresto hanya 15 menit, super lumer dimulut.

Resepnya gampang banget sih semua tinggal cemplung aja.

Bahan :
1/2 kg iga sapi
4 buah wortel besar, potong2
5 buah kentang, potong dadu besar
3 batang daun bawang
1 batang seledri
4 buah tomat hijau, potong dadu
5 buah cabe hijau, iris serong besar
15 buah belimbing wuluh potong 2 serong
20 buah cabe rawit geluntungan
4 buah kapulaga
2 buah cengkeh
3 buah bunga pekak
4 liter air
3 sdm garam
1 sdt muncung merica
1 sdm muncung kaldu jamur

Cara buat

Masukan iga, kentang dan wortel kedalam presto, masak selama 15 menit, dihitung dari pancinya mendesis ya. Kalau ga mau pake presto boleh pake panci yang kedap selama Β± 30-60 menit. Tergantung dagingnya sudah empuk atau belum.
Buka tutup presto masukan sisa bahan yang lain. Kecuali bawang daun ya.
Masak kira2 5-10 menit.
Sajikan.

Advertisements

Kue pukis

IMG_20180401_110702_091.jpg

Panasnya cucok ya*lap keringet*.
Hampir amnesia beli lagi cetakan pukis di pasar parung kemaren pas belanja iga πŸ˜…
Lebih cakep sih bahan teflon dan ada tutupnya, tapi mahal ratusan ribu.
Langsung bersyukur pas sampe rumah nyimpe iga di sink, nengok ke depan eh ada tuh cetakan pukis tergantung πŸ˜‚
Lalu ingatan mundur, seketika ngomong sendiri
“Oh iya, sebulan lalu pulang jenguk adik yusuf mampir ke pujasari sengaja cm buat beli cetakan pukis ini”
Dan tentu saja harganya cm 50rb an πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
Bahagia buat emak2 irit macam ogut huahahahaha.
Kok bisa ya lupa kaya gitu, pernah juga ga sih kalian? Cerita dong 😁😁😁
Biar ku tak merasa sendiri πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
.
Resepnya hasil googling nemu punyanya ce @tintinrayner di @cookpad_id
Recook ya ce.
.
Bahan

250 gr Tepung terigu
1 sdt Ragi instan
4 butir Telur
200 gr Gula(tadi cm pake 150gr)
300 gr Santan
margarine secukupnya
Keju sesuai selera
Coklat meses sesuai selera(ganti chocochips)
Mari kita Memasak… Ayak tepung lalu campur ragi aduk rata.
Kocok telur dan gula hingga mengembang.
Masukkan tepung sedikit demi sedikit hingga rata, tambahkan santan dan aduk rata, diamkan selama 30 menit.
Panaskan cetakan dan olesi dengan margarine.
Tuangkan adonan pada cetakan dan taburi coklat meses dan tutup hingga matang.

 

Ikan goreng bumbu pecak

IMG20180320083532

Entah kenapa tadi malem sebelum tidur tiba2 kepikiran ikan bumbu pecak. Ayam2an, daging2an kok ya bosen. Minggu ini mau coba masak full bahan ikan ah, semoga istiqomah. Hari senin udah masak ikan tongkol balado ala sardencis.
Sebetulnya deg2an pengennya ikan mujair dan kucuran jeruk limo, maklum kang sayurnya suka ga jelas tiap hari kadang stok ikan banyak dan aneka ragam, kadang cm sejenis doang, kadang ayam doang, daaan telat semenit raib lah itu jeruk limo.
Bener aja pas bumbu udah jadi, ikan udah cakep digoreng, limonya pas diperes airnya seuprit pisan. Dan ini bikin KZL!
Akhirnya inget terakhir makan2 sama geng pasmut makan pecak ikan di suatu tempat makan nemu biji asem jawa. Nah karna ga asem ga akan sedep, jadilah tadi itu ditambahin air asem, lalu karna yang suka pedes mamake doang akhirnya goreng cabe, diulek di piring, taruh ikan, siram bumbu pecaknya deh πŸ˜…
Sekalian mau PAMER ah, kalo skrg udah bisa GORENG IKAN SENDIRI DONG!!! *goyang dombret*
Setelah perjalanan panjang nanya resep ke temen2 yang pernah masak pecak dan enak, akhirnya from scratch bikin semuanya sendiri. .
Ikan mujair bumbu pecak
Sangrai :
2 buah cabe merah besar
15 buah cabe rawit(optional)
12 siung bawang merah
1 jari jahe
1 ruas jari lengkuas
5 buah kemiri
Tumbuk kasar.
6-10 buah ikan mujair, cuci bersih.
10 buah jeruk limo
2 sdm garam
3 sdm gula pasir
.
Goreng ikan mujair sampai matang.
kalau tadi bumbunya ditambah air, dimasak sampe uap panas aja ga sampe mendidih, cm biar bawangnya ga kerasa mentah aja.
susun ikan diatas piring, siram pake bumbu pecak, kucurin jeruk limo.
MANTAP!

Lalu dimakan sama nasi putih dan tumis caisim.

IMG20180320083456

Kue mwanjwah

Ah sebenernya dicoba2 dan dirasa2 ini kaya pancake feat martabak mini hahaha. Entah kenapa namanya kue manjah, mungkin karna kudu nempel ke sisi satunya. Dan saya gagal sepertinya, bikin dulu baru liat gambar deh hahaha, jadi ga cakep penampakannya. Tapi ludes dalam 10 menit!

.

KUE MANJA TANPA SUSU TANPA TELUR Resep Yunda Yun

Recooked Listiana afriani

  • 250gram terigu
  • 2sdm gula pasir
  • 120ml air
  • 1sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 1/2 sdm minyak goreng
  • Toping sesuai selera

Cara buat

  1. Campurkan terigu, air dan baking powder dan minyak goreng Sampai licin dan tidah bergerendil. Masukkan garam, aduk lagi. Setelah itu masukkan soda kue. Tutup adonan dan diamkan selama 10 menit. Tekstunya jangan terlalu encer ya bunda. Karna kalau terlalu encer nanti kuenya lemes.
  2. Panaskan teflon, tuang adonan per 1 sendok sayur. Api kecil ya. Tunggu sampai bersarang dan angkat. Setelah diangkat beri olesan mentega pada atas kue. Tapi bagian tengahnya saja ya bun nah masukkan coklat atau apapun sesuai toping yang diinginkan. Langsung lipat. Lipat selagi masih panas ya bun. Agar lebih gampang.
  3. Kue manja siap dinikmati.

Udang nano2 ala echie

Kemaren masak tumis sayur pake telur. Si bulan sapasi request dong “bunda, besok aku mau makan cumi yang item lagi ya”
Daaan emang rejekinya dia banget, tadi pagi pas nganter kakang ngebubur, liat cumi masih ada 3 kantong lagi. Kakang liat udang minta dimasakin udang. Hadeeeuh πŸ˜…
Lalu sayurannya pengennya brokoli, abis, bayam, abis. Sudahlah tumis labu siam aja, yang penting sehari harus ada asupan sayur buat anak2.
Alhamdulillah seminggu dirumah, anak2 makan pada bener, soalnya mood masak ada terus πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
.
Akhirnya bikin cumi cuma motong 5 buah aja buat zazu. Resep sama yang pernah dishare cm ini ga pake apa2, cm duo bawang dan jahe aja. .
Udangnya dibikin mentega asam manis saus jamur. Nah loh, nano2 ga rasanya? Ya gitu deh, enaaaak. Kakang makan sama kulit2nya, dia minta jangan dibuang ya bun kulitnya, aku suka. Dan bener loh cm nyisa kepala sama kumisnya doang hahahaha.
.
Resep udang nano2 ala echie

Bahan .
250 gr udang ukuran sedang
3 buah bawang bombay kecil
Duo bawang
5 batang Daun bawang
10 buah Jamur kancing
3 sdm saus tiram
3 sdm margarine
2 sdm kecap manis
1 sdm saos tomat
1 sdm garam
1 sdr kaldu jamur
500 ml air
.

  1. Tumis duo bawang pakai margarine
  2. masukan udang sampai berubah warna
  3. masukan air
  4. tambahkan saus tiram, kecap manis, saos tomat
  5. masukan bawang bombay dan jamur
  6. Tambahkan garam dan kaldu jamur
  7. masukan daun bawang.

Alhamdulillah pada lahap makan masakan bundo hari ini.

Bebek peking goreng kremesan

 

IMG20170909131436

Dapet kiriman bebek peking dari Risna. Disuruh nyobain, kalo enak katanya Risna mau diternak bebeknya.
Alhamdulillah na enak banget bebeknya loh. Tambah banyak rejeki kamu ya na.
Pas tanya ke orang rumah mau diapain bebeknya
“Bebek goreng kremes!” Kompak nih yee.

Resepnya nyontek dari
http://www.masakandapurku.com/2015/08/resep-membuat-bebek-goreng-kremes.html?m=1 .
Bahan:

1 ekor bebek dipotong menjadi beberapa bagian
3 batang serai yang diambil putihnya dan dimemarkan
6 lembar daun jeruk, buang tulangnya2 lembar daun salamΒ±
5 gelas air putih
2-3 sdm air asam
Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu Halus:
.
Garam secukupnyaΒ±
1 sdt ketumbar
5 siung bawang putih
10 butir bawang merahΒ±
3 cm lengkuasΒ±
3 cm jaheΒ±
2 cm kunyit bakarΒ±
4 butir kemiri sangrai

Bumbu Untuk Kremes:
.
120 gr tepung beras
25 gr tepung sagu
Β½ sdt garam
1 kuning telur
4 siung bawang putih yang dihaluskan
Β½ sdt kaldu ayam bubuk
1 gelas santan

Cara Pembuatan:
.
Rebus bumbu halus, daun jeruk, serai, daun salam, air, dan air asam beserta bebek sampai matang dan bumbunya meresap (sampai daging empuk). Akali dengan mengecilkan api.
Angkat bebek dan dinginkan. Sisakan bumbu bebek. .
Sementara menunggu bebek dingin, panaskan minyak.Goreng bebek setelah minyak panas sampai matang atau warna berubah kecoklatan.Tiriskan dan siapkan di piring saji.
.
Aduk bahan kremesan dan air bumbu bebek. Lalu tuang secara bertahap ke dalam minyak yang telah dipanaskan. Goreng sampai matang dan renyah.Bebek kremes siap dihidangkan.
.
Untuk membuat kremesan, jika Anda tidak ingin ribet dengan bumbu yang banyak tadi, Anda bisa menggantinya dengan tepung bumbu ayam goreng yang biasa dijual di toko-toko terdekat untuk memudahkan Anda. Dan kremesan tetap akan sama renyahnya.
Sambel korek
Segenggam cabe rawit
2 siung bawang putih
1 sdt garam
1 sdt kaldu jamur
haluskan, siram dengan minyak panas.
.

Asli enak banget!!!
Masaknya gampang, ga pake ribet sama sekali loh.
Sambelnya juga mirip sambel bebek slamet πŸ˜„
.
Makasih sekali lagi ya risna sayang 😘😘😘
.

Swedish meatball ala echie

IMG20170805150349.jpg

Jadi di hypermarket kantor ayah itu entah kenapa ada daging giling buy one get one, lumayan lah ya 30rban dapet 500gr daging giling, masih seger, bagus, enak dan ga bau dagingnya.
Kemaren dapet pesenan lontong mie.
Siang ini bingung mau dibikin apa lagi, stock patty sisa dikit sih, tapi asa bosen mau dibikin patty lagi.
.

Dibikin swedish meatball ala ala, baca2 resep bahannya gitu2 aja ternyata, sausnya juga kaya saus putih biasa.
.

Resep dibawah asli modifikasi sendiri ya, ada bahan yang ditambah, dikurangin juga ya.
.

Bahan meatball :
.
300 gr daging giling halus
3 lembar roti, rendem pakai 50ml susu uht, hancurkan
1 telur, kocok lepas
50 gr keju, parut
1 buah bawang bombay, potong dadu kecil
1 buah biji pala yang kecil, parut halus
2 sdt garam
1 sdt kaldu jamur
1 sdt merica

Cara buat :
.
Campur semua bahan, bentuk bulat. Panggang di oven selama 15-25 menit, sampe matang ya.
Lalu tumis sebentar pakai butter. Jangan dibuang butter sisa tumisan ya.
.

Bahan saus :
.
3 sdm terigu
300 ml air campur dengan 3 sdm kaldu jamur+1 sdm maizena
150 ml susu uht
1 sdt garam

Cara buat :
.
Panaskan butter sisa menumis, masukan terigu, aduk sampai kecoklatan, tambahkan sedikit2 air kaldu, lalu susu, tambahkan garam.

Ini bisa buat stock juga masukin freezer, tadi jadinya 30 pcs. Banyak ya. Makan 3 juga kenyang banget.

Ayah makan pake kentang goreng, salad(wortel parut+selada siram thousand island).
Anak2 juga bilang “ENAK BUNDA”

Happy!!!!

IMG20170805150609.jpg

Cumi tinta cabe ijo

20170710102502.jpg

Pagi2 udah jadi makanan buat makan siang, karna tadi pagi2 udah nyampe kesekolah kakang, jadi masih dapet yang aneh2 dipakde sayur.
Ngeliat cumi penuh dengan tinta ngegantung, kepikiran di masak pake cabe rawit yang banyak, pun kakang suka makan cumi, jadi cabe rawitnya geluntungan, yang banyaaaak, pedesnya ga akan keluar kok.
Kmrn baca FBnya bu sae, selera boleh pedes, tapi mulut jangan pedes.
Sebisa mungkin lah kita berbuat baik ke oranglain, kalo ga bisa baik ya jangan jahat. Karna percaya aja segala sesuatu yang kita kerjakan akan mendapatkan balasan yang sama dari allah SWT.
Jadi kalo ngerjain yang baik2, inshaallah dapetnya pasti yang baik juga.
Kalau jahatin orang, manalah mungkin baliknya sesuatu yang baik juga, ya toh?
Jangan halusinasi πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„
Udah gitu aja.
Mending bagi2 resep, walopun pasti udah pernah liat resep ini seliweran dimana, tapi resep yang akan di share tadi nanya sama mama @adenurlela loh.

Resep cumi tinta

Bahan :

250gr cumi tinta, potong 3 bagian, buang bagian kerasnya, cuci di air mengalir, hati2 pas cuci kepalanya, jangan sampe kantung tintanya kepencet ya
6 siung bawang merah, iris kasar
4 siung bawang putih, geprek
5 cm jahe, iris besar
5 lembar daun jeruk, remas2
8 buah tomat hijau, potong 4
4 buah cabe hijau, potong serong besar
20 cabe rawit
5 batang daun bawang, iris serong besar
2 sdt garam
2 sdm kecap manis
1 sdt kaldu jamur
1 sdt merica
Minyak untung menumis

Cara buat

Nyalakan api besar. Tumis duo bawang sampai harum.
Masukan jahe dan daun jeruk. Masukan tomat dan cabe hijau aduk2.
Masukan cumi, aduk cepat, tambahkan garam, kecap, kaldu, merica
Terakhir masukan daun bawang, aduk 3x matikan api.

Tips :
Masak cumi sebentar aja, biar cumi ga alot, dan ga usah pakai air, air dapet dari tomat dan cuminya sendiri.

Kerang saus padang

IMG20170608174020.jpg

Hari ini bawa kontrol ade zazu ke RS Azra. Ternyata beresnya cepet cm diliat aja ga nyampe 5 menit. Kepengen makan kerang dari semalem nyari sama ayah, dari parung-bojong gede ada kali 10 tempat yang pasang spanduk seafood ga ada menu kerang, dan aku pun pulang dengan lunglai, kemudian menghabiskan gorengan yang dibeli sorenya hahahaha.
.
.
Sahurnya sama soto ayam aja. .
.

Terus kan deket tuh dari azra ke junction, naek gojek aja cm 5000 πŸ˜…
Nyampe junction langsung deh ke tempat ikan basah, senang hati ini melihat tumpukan kerang dara, langsung nimbang.
Padahal kayanya udah banyak tuh beli 600gr, ternyataaaa anak2 pun sukaaaa, aku ga puaaaas, besok pengen beli lagi, tapi atuhlah masa kudu ke junction, pasar parung ada ga ya?
Teh @dewirikawati kalo jadi ke jogja nitip lah 2 kg mah hahahaha. .
.

Resep kerang dara saus padang
Bahan
600 gr kerang dara
2 batang serai
3 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
2 cm lengkuas
2 sdm sambal terasi abc
3 sdm saus belibis
2 sdm saus tomat
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 batang daun bawang
Minyak untuk menumis
Air secukupnya.

Cara buat
Tumis duo bawang, masukan daun2an dan serai. Aduk sampai harum.
Tambahkan saus2nya, masukan kerangnya, aduk rata. Tambahkan air. Masak sampai bumbu menyerap dengan api kecil.

Ya allah ini enak banget ya allah*terharuuuuuu*

 

Sate jamur

 

IMG20170529174819.jpg

 

Semua ketipu deh. Kakang bilang ini sate kulit ayam, ade zazu bilang sate ayam, ayah bilang sate usus. Halu semua ya hahaha. Pas dibilang ini jamur tau pada lebaaaay “ooooh kok enak banget sih”
Bisaan deh bikin mamake seneng.
Bahagia itu sederhana buat aku mah, cukup suami dan anak2 cinta sama masakan akuh hehehe.

Resep sate jamur :

Haluskan :
1 siung bawang putih
1/4 jinten

Untuk olesan :
2 sdm kecap manis
2 sdm minyak

Jamur tiram tentunya.

Cara buat :

Rebus jamur sampe layu, cuci bersih, peras sampai airnya habis.
Suwir2, 1 jamur dibagi 2 ya jangan kekecilan, susah nusuknya.
Campur bumbu halus dan olesan. Aduk rata ke jamurnya, diamkan 30menit-1 jam, makin lama makin enak karna bumbu meresap.

IMG20170529170230.jpg

 

Bakar diatas api sampai kecoklatan.
Kalo mau wangi boleh pas bakar oles2 margarine dikit.
Terus masa ditanya “Sahur ini masih ada kan?”
Sayangnya tadi di kang sayur cm dapet 1 bungkus jamur aja huhuhu.
Tar ya bikin lagi.

Ini masaknya kesorean, jadi pas magrib grabak grubuk blm siapin air minum, semua berbuka dengan churos hahahhaa.