Swedish meatball ala echie

IMG20170805150349.jpg

Jadi di hypermarket kantor ayah itu entah kenapa ada daging giling buy one get one, lumayan lah ya 30rban dapet 500gr daging giling, masih seger, bagus, enak dan ga bau dagingnya.
Kemaren dapet pesenan lontong mie.
Siang ini bingung mau dibikin apa lagi, stock patty sisa dikit sih, tapi asa bosen mau dibikin patty lagi.
.

Dibikin swedish meatball ala ala, baca2 resep bahannya gitu2 aja ternyata, sausnya juga kaya saus putih biasa.
.

Resep dibawah asli modifikasi sendiri ya, ada bahan yang ditambah, dikurangin juga ya.
.

Bahan meatball :
.
300 gr daging giling halus
3 lembar roti, rendem pakai 50ml susu uht, hancurkan
1 telur, kocok lepas
50 gr keju, parut
1 buah bawang bombay, potong dadu kecil
1 buah biji pala yang kecil, parut halus
2 sdt garam
1 sdt kaldu jamur
1 sdt merica

Cara buat :
.
Campur semua bahan, bentuk bulat. Panggang di oven selama 15-25 menit, sampe matang ya.
Lalu tumis sebentar pakai butter. Jangan dibuang butter sisa tumisan ya.
.

Bahan saus :
.
3 sdm terigu
300 ml air campur dengan 3 sdm kaldu jamur+1 sdm maizena
150 ml susu uht
1 sdt garam

Cara buat :
.
Panaskan butter sisa menumis, masukan terigu, aduk sampai kecoklatan, tambahkan sedikit2 air kaldu, lalu susu, tambahkan garam.

Ini bisa buat stock juga masukin freezer, tadi jadinya 30 pcs. Banyak ya. Makan 3 juga kenyang banget.

Ayah makan pake kentang goreng, salad(wortel parut+selada siram thousand island).
Anak2 juga bilang “ENAK BUNDA”

Happy!!!!

IMG20170805150609.jpg

Cumi tinta cabe ijo

20170710102502.jpg

Pagi2 udah jadi makanan buat makan siang, karna tadi pagi2 udah nyampe kesekolah kakang, jadi masih dapet yang aneh2 dipakde sayur.
Ngeliat cumi penuh dengan tinta ngegantung, kepikiran di masak pake cabe rawit yang banyak, pun kakang suka makan cumi, jadi cabe rawitnya geluntungan, yang banyaaaak, pedesnya ga akan keluar kok.
Kmrn baca FBnya bu sae, selera boleh pedes, tapi mulut jangan pedes.
Sebisa mungkin lah kita berbuat baik ke oranglain, kalo ga bisa baik ya jangan jahat. Karna percaya aja segala sesuatu yang kita kerjakan akan mendapatkan balasan yang sama dari allah SWT.
Jadi kalo ngerjain yang baik2, inshaallah dapetnya pasti yang baik juga.
Kalau jahatin orang, manalah mungkin baliknya sesuatu yang baik juga, ya toh?
Jangan halusinasi 😄😄😄
Udah gitu aja.
Mending bagi2 resep, walopun pasti udah pernah liat resep ini seliweran dimana, tapi resep yang akan di share tadi nanya sama mama @adenurlela loh.

Resep cumi tinta

Bahan :

250gr cumi tinta, potong 3 bagian, buang bagian kerasnya, cuci di air mengalir, hati2 pas cuci kepalanya, jangan sampe kantung tintanya kepencet ya
6 siung bawang merah, iris kasar
4 siung bawang putih, geprek
5 cm jahe, iris besar
5 lembar daun jeruk, remas2
8 buah tomat hijau, potong 4
4 buah cabe hijau, potong serong besar
20 cabe rawit
5 batang daun bawang, iris serong besar
2 sdt garam
2 sdm kecap manis
1 sdt kaldu jamur
1 sdt merica
Minyak untung menumis

Cara buat

Nyalakan api besar. Tumis duo bawang sampai harum.
Masukan jahe dan daun jeruk. Masukan tomat dan cabe hijau aduk2.
Masukan cumi, aduk cepat, tambahkan garam, kecap, kaldu, merica
Terakhir masukan daun bawang, aduk 3x matikan api.

Tips :
Masak cumi sebentar aja, biar cumi ga alot, dan ga usah pakai air, air dapet dari tomat dan cuminya sendiri.

Kerang saus padang

IMG20170608174020.jpg

Hari ini bawa kontrol ade zazu ke RS Azra. Ternyata beresnya cepet cm diliat aja ga nyampe 5 menit. Kepengen makan kerang dari semalem nyari sama ayah, dari parung-bojong gede ada kali 10 tempat yang pasang spanduk seafood ga ada menu kerang, dan aku pun pulang dengan lunglai, kemudian menghabiskan gorengan yang dibeli sorenya hahahaha.
.
.
Sahurnya sama soto ayam aja. .
.

Terus kan deket tuh dari azra ke junction, naek gojek aja cm 5000 😅
Nyampe junction langsung deh ke tempat ikan basah, senang hati ini melihat tumpukan kerang dara, langsung nimbang.
Padahal kayanya udah banyak tuh beli 600gr, ternyataaaa anak2 pun sukaaaa, aku ga puaaaas, besok pengen beli lagi, tapi atuhlah masa kudu ke junction, pasar parung ada ga ya?
Teh @dewirikawati kalo jadi ke jogja nitip lah 2 kg mah hahahaha. .
.

Resep kerang dara saus padang
Bahan
600 gr kerang dara
2 batang serai
3 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
2 cm lengkuas
2 sdm sambal terasi abc
3 sdm saus belibis
2 sdm saus tomat
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 batang daun bawang
Minyak untuk menumis
Air secukupnya.

Cara buat
Tumis duo bawang, masukan daun2an dan serai. Aduk sampai harum.
Tambahkan saus2nya, masukan kerangnya, aduk rata. Tambahkan air. Masak sampai bumbu menyerap dengan api kecil.

Ya allah ini enak banget ya allah*terharuuuuuu*

 

Sate jamur

 

IMG20170529174819.jpg

 

Semua ketipu deh. Kakang bilang ini sate kulit ayam, ade zazu bilang sate ayam, ayah bilang sate usus. Halu semua ya hahaha. Pas dibilang ini jamur tau pada lebaaaay “ooooh kok enak banget sih”
Bisaan deh bikin mamake seneng.
Bahagia itu sederhana buat aku mah, cukup suami dan anak2 cinta sama masakan akuh hehehe.

Resep sate jamur :

Haluskan :
1 siung bawang putih
1/4 jinten

Untuk olesan :
2 sdm kecap manis
2 sdm minyak

Jamur tiram tentunya.

Cara buat :

Rebus jamur sampe layu, cuci bersih, peras sampai airnya habis.
Suwir2, 1 jamur dibagi 2 ya jangan kekecilan, susah nusuknya.
Campur bumbu halus dan olesan. Aduk rata ke jamurnya, diamkan 30menit-1 jam, makin lama makin enak karna bumbu meresap.

IMG20170529170230.jpg

 

Bakar diatas api sampai kecoklatan.
Kalo mau wangi boleh pas bakar oles2 margarine dikit.
Terus masa ditanya “Sahur ini masih ada kan?”
Sayangnya tadi di kang sayur cm dapet 1 bungkus jamur aja huhuhu.
Tar ya bikin lagi.

Ini masaknya kesorean, jadi pas magrib grabak grubuk blm siapin air minum, semua berbuka dengan churos hahahhaa.

Jamur crispy keju

IMG_20170531_215218_666.jpg

 

Jamur crispy bumbu keju.

Udah cerita belum ya, waktu dirumah @desmadewi82 lagi ngobrol soal panci sama olala @bunda.3q kepengen beli panci, tau2 seperti semesta mendukung olala itu ada bapa2 ujug2 datang minta ijin mau demo masak.
Jadilah dia demo bikin jamur crispy pake panci, promosinya si panci bisa bikin kriuk tahan lama dan minyaknya bening jadi bisa dipake 2-3x lagi.
Ternyataaaa kemaren nyoba bikin dirumah itu emang kriuk dan akuh ga beli itu panci hahahaha, digoreng di panci beli di daiso 8 tahun lalu 😂😂😂😂
Terus keingetan kemaren belanja bulanan beli bumbu keju untuk kentang.
Eksperimen deh diaduk ke jamur, eh enaaaak loh jadi kaya chiki 😅😅😅*mulai halu*

Resep jamur crispy bumbu keju

Bahan
200 gr jamur putih
1 butir putih telur
250 gr tepung terigu
1 sdt garam
1 sdt merica
1 sdt kaldu bubuk
Minyak untuk menggoreng

Cara buat

Panaskan minyak goreng.
Cuci bersih jamur, peras sampai kering tidak ada air yang menetes lagi.
Masukan putih telur dan bumbu, aduk rata sambil diremas2.
Gulingkan ke tepung terigu, goreng sampai kecoklatan.

Diamkan sampai dingin, masukan toples, tuang bumbu keju, aduk rata.

Siomay

17-05-27-22-14-40-949_deco.jpg

 

Siomay udang campur ayam ini asli deh enak banget!

Tadinya mau pakai daging ayam aja, tapi pasti lebih enak dicampur daging udang.
Kemaren pas belanja bulanan emang diniatin bikin siomay beli udang sama ayam, tapi berhubung tumbang jd deh baru dibikin hari ini.
Dulu pernah dikasih resep sama alm dode, siomaynya endeeeees banget, sayang lupa nyatetnya dimana.
Kalo ga salah resepnya pake minyak ikan segala, cuma takarannya lupa seberapa ya daripada gagal lebih baik pake resep yang udah pernah dibikin aja.
Yang alhamdulillah bikin 1 resep jadinya 25 biji, yang bikin cm kebagian 3 biji doang, happy dong artinya enaaak.
Bentuknya ga karuan ya, abaikan lah selama enak dimakan mah hahaha.
Bikinnya lamaaaa abisnya ga keliatan, tau2 dibuka kukusan bambunya sisa kertas aja huahahahhaa.
Sungguh terlalu mereka.
Padahal udah dibikinin 1 siomay gede banget loh, 2 sdm adonannya. Tetep aja ga bersisa 😅😅😅
KZL!!!

Bahan :

200 gr daging ayam
150 gr udang
5 sdm tapioka
1 sdm minyak wijen
1 sdm kecap asin
1 sdm garam
1 sdm gula
1 sdt merica
1 sdm kaldu bubuk
1 buah daun bawang, iris halus
3 buah wortel, potong dadu kecil2
1 buah wortel parut halus untuk taburan diatasnya
1 butir telur

Cara buat

Haluskan ayam dan udang, tadi pakai blender dikasih sedikit air.
Campur semua bahan.
Potong bulat kulit pangsitnya biar mudah membentuknya.
Beri 1-2 sdm adonan ke kulit, bentuk lipat membulat.
Kukus selama 15-30 menit.

Roasted chicken with gravy

IMG20170421173327.jpg

 

Roasted chicken with gravy.
(Resep dari ceu lazypod @pincoolio modifikasi by nyai)

Enak ceu bener euy, cuma tadi kayanya kebanyakan pake herbs, jadi bala Pisan ini hayamnya. Dan jreng jreng kan gw mah ga ditumis dulu ya bawputnya, zonk banget gw kelutuk masih heuras, haiiiiiz 😖😖😖😖
Daaan wortelnya malah dipotong korek Api sama si emak 🙈🙈 Overall enak lah, next kentangnya mau di fried aja lah enak kayanya cocol saus belibis.
Bahan :
7 pcs paha bawah
5 Buah kentang
10 Buah wort el
2 bonggol bawput
1 sdm garam
1 sdm lada Hitam
1 sdm mixed herbs atau seadanya Italian herbs dirumah aja.
2 sdm paprika bubuk
2 sdm minyak Sayur

Saus gravy :

3 sdm butter
5 sdm terigu
500ml air kaldu

Cara buat
Marinate ayam pake segala bumbu dan herbsnya juga minyaknya ya selama 2 jam – semalaman tergantung kebutuhan aja.
Rebus wortel dan kentangnya setengah mate ng, harusnya ditumis sebentar biar aduk ya. Tapi tadi ga pake ditumis Langsung panggang aja.
Ayamnya dimatengin dulu setengah mateng di Happy call atau Teflon biasa.
Susun deh sayuranya yang udah dibumbu Persis kaya ayamnya, trs ayam diatasnya, bawang putih ga usah dikupas, tapi harusnya ditumis dulu Itu bawang putihnya ya.
Panggang di oven kira2 30-45 menit Api besar.

IMG20170421173541.jpg

Saus gravynya :

Panaskan butter, masukan terigu aduk rata, tambahkan air kaldu aduk cepat sampai mengental.

IMG20170421173608.jpg

Simple potato gratin

IMG20170408140030

 

Simple Potato gratin
.
.

Bahan .
.
4 buah kentang
12 Lembar daging asap
12 lembar keju burger
100 gr keju mozzarella
500 ml susu cair
4 buah telur
1 sdt bubuk pala
1 sdt oregano
1 sdt garam
1 sdt merica
1 sdt kaldu bubuk

Cara buat
.
.
• Kupas kentang, iris tipis.
• susun di pingan anti panas :
-kentang
-daging asap
-keju
Ulangi sampai bahan habis.
Kocok telur, tambahkan bumbu, lalu susu. Siram keatas kentang.

Panggang selama 30-45 menit.

Soto betawi kuah susu

img_20170304_170205_781

Soto betawi.

Bahan :

500 gr daging sapi (boleh ditambah babat, lidah dkk)
1 Buah bunga lawang
2 Buah kapulaga
1 batang kayu manis
2 batang serai
4 lembar daun jeruk
1 sdm garam
1 sdm gula pasir
1 liter air
1 liter susu (aku pakai susu dancow 5 sdm dilarutkan dengan 1 liter air)
1 sdm kaldu jamur

Haluskan :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdm merica butir

Bahan pelengkap:
2 Buah kentang, goreng
Emping
Daun bawang yang dirajang kasar
2 Buah tomat

Sambal kacang :
2sdm kacang yang Sudah dihaluskan
1 genggam cabe rawit
1 sdt garam
1 sdm cuka
5 sdm air

Cara buat :

1. Didihkan air, masukan daging dan 1 sdm garam
2. Tumis bumbu halus bersama serai, kapulaga, bunga lawang, kayu manis dan daun jeruk sampai wangi
3. Masukan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging.
4. Goreng daging sampai setengah kering, tuang kembali ke dalam air rebusan
5. Masukan susu, gula pasir dan kaldu jamur. Test rasa ya, kalau kurang pas bisa ditambah.
6. Susun dimangkok, daun bawang, kentang goreng, emping, siram dengan kuah Panas.

Surprisingly ini enaaaaaak pake bangeeeeeeet, kita semua lahaaaap!!!
Ga lagi deh Beli soto betawi depan komplek yang harganya selangit.
Ini kuahnya ga kalah gurih dibanding pake santen. Ga terlalu creamy dan eneg. Pas lah pokonya.
Laper lagi kan ngetik gini juga 😂😂😂

Bebek tulang lunak sambel korek

IMG_20170226_131544_785.jpg

Bebek tulang lunak sambel korek.

Beli bebek udah 2 minggu lalu di freezer, banyak kerjaan jadi baru hari ini dibikin.
Mau di bikin kaya bebek slamet gitu tadinya, cm takut masih alot. Akhirnya Cari yang aman aja, dipresto, taunya ko dagingnya mrudul dari tulangnya huhuhu, digoreng hati2 akhirnya garing juga walaupun menciutnya banyak banget.
Nyontek resep hasil googling sana sini, akhirnya modif juga hahaha.
Beli bebeknya ga bau amis, dicuci juga udah bersih dari sananya.
Tinggal dicuci sebentar di air mengalir aja.
Ini diprestonya utuh sebebek ga dipotongin. Ragu tadinya takut ga muat, ditekuk cekernya ke dalem ternyata muat juga di panci.

Bumbu halusnya :

5 bawang putih
4 bawang merah
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1 Ruas jari lengkuas, parut halus
1 sdm ketumbar
2 butir kemiri
1 batang serai, ambil bagian putihnya
1 sdm garam
1 sdm gula pasir

Bahan lain

1 ekor bebek, cuci bersih
1 liter air
1 batang serai, geprek

Cara buat

Panggang bebek diteflon Tanpa minyak.
Masukan bumbu ke panci presto, kemudian masukan bebek. Masak selama +- 15-30 menit.

Tiriskan bebek, goreng sampai kering kecoklatan.

Sambal korek

Segenggam cabe rawit.
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 sdm garam
1 sdm gula
Ulek kasar.
Siram dengan minyak panas bekas menggoreng bebek.