Kue mwanjwah

Ah sebenernya dicoba2 dan dirasa2 ini kaya pancake feat martabak mini hahaha. Entah kenapa namanya kue manjah, mungkin karna kudu nempel ke sisi satunya. Dan saya gagal sepertinya, bikin dulu baru liat gambar deh hahaha, jadi ga cakep penampakannya. Tapi ludes dalam 10 menit!

.

KUE MANJA TANPA SUSU TANPA TELUR Resep Yunda Yun

Recooked Listiana afriani

  • 250gram terigu
  • 2sdm gula pasir
  • 120ml air
  • 1sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 1/2 sdm minyak goreng
  • Toping sesuai selera

Cara buat

  1. Campurkan terigu, air dan baking powder dan minyak goreng Sampai licin dan tidah bergerendil. Masukkan garam, aduk lagi. Setelah itu masukkan soda kue. Tutup adonan dan diamkan selama 10 menit. Tekstunya jangan terlalu encer ya bunda. Karna kalau terlalu encer nanti kuenya lemes.
  2. Panaskan teflon, tuang adonan per 1 sendok sayur. Api kecil ya. Tunggu sampai bersarang dan angkat. Setelah diangkat beri olesan mentega pada atas kue. Tapi bagian tengahnya saja ya bun nah masukkan coklat atau apapun sesuai toping yang diinginkan. Langsung lipat. Lipat selagi masih panas ya bun. Agar lebih gampang.
  3. Kue manja siap dinikmati.
Advertisements

Udang nano2 ala echie

Kemaren masak tumis sayur pake telur. Si bulan sapasi request dong “bunda, besok aku mau makan cumi yang item lagi ya”
Daaan emang rejekinya dia banget, tadi pagi pas nganter kakang ngebubur, liat cumi masih ada 3 kantong lagi. Kakang liat udang minta dimasakin udang. Hadeeeuh πŸ˜…
Lalu sayurannya pengennya brokoli, abis, bayam, abis. Sudahlah tumis labu siam aja, yang penting sehari harus ada asupan sayur buat anak2.
Alhamdulillah seminggu dirumah, anak2 makan pada bener, soalnya mood masak ada terus πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
.
Akhirnya bikin cumi cuma motong 5 buah aja buat zazu. Resep sama yang pernah dishare cm ini ga pake apa2, cm duo bawang dan jahe aja. .
Udangnya dibikin mentega asam manis saus jamur. Nah loh, nano2 ga rasanya? Ya gitu deh, enaaaak. Kakang makan sama kulit2nya, dia minta jangan dibuang ya bun kulitnya, aku suka. Dan bener loh cm nyisa kepala sama kumisnya doang hahahaha.
.
Resep udang nano2 ala echie

Bahan .
250 gr udang ukuran sedang
3 buah bawang bombay kecil
Duo bawang
5 batang Daun bawang
10 buah Jamur kancing
3 sdm saus tiram
3 sdm margarine
2 sdm kecap manis
1 sdm saos tomat
1 sdm garam
1 sdr kaldu jamur
500 ml air
.

  1. Tumis duo bawang pakai margarine
  2. masukan udang sampai berubah warna
  3. masukan air
  4. tambahkan saus tiram, kecap manis, saos tomat
  5. masukan bawang bombay dan jamur
  6. Tambahkan garam dan kaldu jamur
  7. masukan daun bawang.

Alhamdulillah pada lahap makan masakan bundo hari ini.

Bebek peking goreng kremesan

 

IMG20170909131436

Dapet kiriman bebek peking dari Risna. Disuruh nyobain, kalo enak katanya Risna mau diternak bebeknya.
Alhamdulillah na enak banget bebeknya loh. Tambah banyak rejeki kamu ya na.
Pas tanya ke orang rumah mau diapain bebeknya
“Bebek goreng kremes!” Kompak nih yee.

Resepnya nyontek dari
http://www.masakandapurku.com/2015/08/resep-membuat-bebek-goreng-kremes.html?m=1 .
Bahan:

1 ekor bebek dipotong menjadi beberapa bagian
3 batang serai yang diambil putihnya dan dimemarkan
6 lembar daun jeruk, buang tulangnya2 lembar daun salamΒ±
5 gelas air putih
2-3 sdm air asam
Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu Halus:
.
Garam secukupnyaΒ±
1 sdt ketumbar
5 siung bawang putih
10 butir bawang merahΒ±
3 cm lengkuasΒ±
3 cm jaheΒ±
2 cm kunyit bakarΒ±
4 butir kemiri sangrai

Bumbu Untuk Kremes:
.
120 gr tepung beras
25 gr tepung sagu
Β½ sdt garam
1 kuning telur
4 siung bawang putih yang dihaluskan
Β½ sdt kaldu ayam bubuk
1 gelas santan

Cara Pembuatan:
.
Rebus bumbu halus, daun jeruk, serai, daun salam, air, dan air asam beserta bebek sampai matang dan bumbunya meresap (sampai daging empuk). Akali dengan mengecilkan api.
Angkat bebek dan dinginkan. Sisakan bumbu bebek. .
Sementara menunggu bebek dingin, panaskan minyak.Goreng bebek setelah minyak panas sampai matang atau warna berubah kecoklatan.Tiriskan dan siapkan di piring saji.
.
Aduk bahan kremesan dan air bumbu bebek. Lalu tuang secara bertahap ke dalam minyak yang telah dipanaskan. Goreng sampai matang dan renyah.Bebek kremes siap dihidangkan.
.
Untuk membuat kremesan, jika Anda tidak ingin ribet dengan bumbu yang banyak tadi, Anda bisa menggantinya dengan tepung bumbu ayam goreng yang biasa dijual di toko-toko terdekat untuk memudahkan Anda. Dan kremesan tetap akan sama renyahnya.
Sambel korek
Segenggam cabe rawit
2 siung bawang putih
1 sdt garam
1 sdt kaldu jamur
haluskan, siram dengan minyak panas.
.

Asli enak banget!!!
Masaknya gampang, ga pake ribet sama sekali loh.
Sambelnya juga mirip sambel bebek slamet πŸ˜„
.
Makasih sekali lagi ya risna sayang 😘😘😘
.

Swedish meatball ala echie

IMG20170805150349.jpg

Jadi di hypermarket kantor ayah itu entah kenapa ada daging giling buy one get one, lumayan lah ya 30rban dapet 500gr daging giling, masih seger, bagus, enak dan ga bau dagingnya.
Kemaren dapet pesenan lontong mie.
Siang ini bingung mau dibikin apa lagi, stock patty sisa dikit sih, tapi asa bosen mau dibikin patty lagi.
.

Dibikin swedish meatball ala ala, baca2 resep bahannya gitu2 aja ternyata, sausnya juga kaya saus putih biasa.
.

Resep dibawah asli modifikasi sendiri ya, ada bahan yang ditambah, dikurangin juga ya.
.

Bahan meatball :
.
300 gr daging giling halus
3 lembar roti, rendem pakai 50ml susu uht, hancurkan
1 telur, kocok lepas
50 gr keju, parut
1 buah bawang bombay, potong dadu kecil
1 buah biji pala yang kecil, parut halus
2 sdt garam
1 sdt kaldu jamur
1 sdt merica

Cara buat :
.
Campur semua bahan, bentuk bulat. Panggang di oven selama 15-25 menit, sampe matang ya.
Lalu tumis sebentar pakai butter. Jangan dibuang butter sisa tumisan ya.
.

Bahan saus :
.
3 sdm terigu
300 ml air campur dengan 3 sdm kaldu jamur+1 sdm maizena
150 ml susu uht
1 sdt garam

Cara buat :
.
Panaskan butter sisa menumis, masukan terigu, aduk sampai kecoklatan, tambahkan sedikit2 air kaldu, lalu susu, tambahkan garam.

Ini bisa buat stock juga masukin freezer, tadi jadinya 30 pcs. Banyak ya. Makan 3 juga kenyang banget.

Ayah makan pake kentang goreng, salad(wortel parut+selada siram thousand island).
Anak2 juga bilang “ENAK BUNDA”

Happy!!!!

IMG20170805150609.jpg

Cumi tinta cabe ijo

20170710102502.jpg

Pagi2 udah jadi makanan buat makan siang, karna tadi pagi2 udah nyampe kesekolah kakang, jadi masih dapet yang aneh2 dipakde sayur.
Ngeliat cumi penuh dengan tinta ngegantung, kepikiran di masak pake cabe rawit yang banyak, pun kakang suka makan cumi, jadi cabe rawitnya geluntungan, yang banyaaaak, pedesnya ga akan keluar kok.
Kmrn baca FBnya bu sae, selera boleh pedes, tapi mulut jangan pedes.
Sebisa mungkin lah kita berbuat baik ke oranglain, kalo ga bisa baik ya jangan jahat. Karna percaya aja segala sesuatu yang kita kerjakan akan mendapatkan balasan yang sama dari allah SWT.
Jadi kalo ngerjain yang baik2, inshaallah dapetnya pasti yang baik juga.
Kalau jahatin orang, manalah mungkin baliknya sesuatu yang baik juga, ya toh?
Jangan halusinasi πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„
Udah gitu aja.
Mending bagi2 resep, walopun pasti udah pernah liat resep ini seliweran dimana, tapi resep yang akan di share tadi nanya sama mama @adenurlela loh.

Resep cumi tinta

Bahan :

250gr cumi tinta, potong 3 bagian, buang bagian kerasnya, cuci di air mengalir, hati2 pas cuci kepalanya, jangan sampe kantung tintanya kepencet ya
6 siung bawang merah, iris kasar
4 siung bawang putih, geprek
5 cm jahe, iris besar
5 lembar daun jeruk, remas2
8 buah tomat hijau, potong 4
4 buah cabe hijau, potong serong besar
20 cabe rawit
5 batang daun bawang, iris serong besar
2 sdt garam
2 sdm kecap manis
1 sdt kaldu jamur
1 sdt merica
Minyak untung menumis

Cara buat

Nyalakan api besar. Tumis duo bawang sampai harum.
Masukan jahe dan daun jeruk. Masukan tomat dan cabe hijau aduk2.
Masukan cumi, aduk cepat, tambahkan garam, kecap, kaldu, merica
Terakhir masukan daun bawang, aduk 3x matikan api.

Tips :
Masak cumi sebentar aja, biar cumi ga alot, dan ga usah pakai air, air dapet dari tomat dan cuminya sendiri.

Kerang saus padang

IMG20170608174020.jpg

Hari ini bawa kontrol ade zazu ke RS Azra. Ternyata beresnya cepet cm diliat aja ga nyampe 5 menit. Kepengen makan kerang dari semalem nyari sama ayah, dari parung-bojong gede ada kali 10 tempat yang pasang spanduk seafood ga ada menu kerang, dan aku pun pulang dengan lunglai, kemudian menghabiskan gorengan yang dibeli sorenya hahahaha.
.
.
Sahurnya sama soto ayam aja. .
.

Terus kan deket tuh dari azra ke junction, naek gojek aja cm 5000 πŸ˜…
Nyampe junction langsung deh ke tempat ikan basah, senang hati ini melihat tumpukan kerang dara, langsung nimbang.
Padahal kayanya udah banyak tuh beli 600gr, ternyataaaa anak2 pun sukaaaa, aku ga puaaaas, besok pengen beli lagi, tapi atuhlah masa kudu ke junction, pasar parung ada ga ya?
Teh @dewirikawati kalo jadi ke jogja nitip lah 2 kg mah hahahaha. .
.

Resep kerang dara saus padang
Bahan
600 gr kerang dara
2 batang serai
3 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
2 cm lengkuas
2 sdm sambal terasi abc
3 sdm saus belibis
2 sdm saus tomat
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 batang daun bawang
Minyak untuk menumis
Air secukupnya.

Cara buat
Tumis duo bawang, masukan daun2an dan serai. Aduk sampai harum.
Tambahkan saus2nya, masukan kerangnya, aduk rata. Tambahkan air. Masak sampai bumbu menyerap dengan api kecil.

Ya allah ini enak banget ya allah*terharuuuuuu*

 

Sate jamur

 

IMG20170529174819.jpg

 

Semua ketipu deh. Kakang bilang ini sate kulit ayam, ade zazu bilang sate ayam, ayah bilang sate usus. Halu semua ya hahaha. Pas dibilang ini jamur tau pada lebaaaay “ooooh kok enak banget sih”
Bisaan deh bikin mamake seneng.
Bahagia itu sederhana buat aku mah, cukup suami dan anak2 cinta sama masakan akuh hehehe.

Resep sate jamur :

Haluskan :
1 siung bawang putih
1/4 jinten

Untuk olesan :
2 sdm kecap manis
2 sdm minyak

Jamur tiram tentunya.

Cara buat :

Rebus jamur sampe layu, cuci bersih, peras sampai airnya habis.
Suwir2, 1 jamur dibagi 2 ya jangan kekecilan, susah nusuknya.
Campur bumbu halus dan olesan. Aduk rata ke jamurnya, diamkan 30menit-1 jam, makin lama makin enak karna bumbu meresap.

IMG20170529170230.jpg

 

Bakar diatas api sampai kecoklatan.
Kalo mau wangi boleh pas bakar oles2 margarine dikit.
Terus masa ditanya “Sahur ini masih ada kan?”
Sayangnya tadi di kang sayur cm dapet 1 bungkus jamur aja huhuhu.
Tar ya bikin lagi.

Ini masaknya kesorean, jadi pas magrib grabak grubuk blm siapin air minum, semua berbuka dengan churos hahahhaa.

Jamur crispy keju

IMG_20170531_215218_666.jpg

 

Jamur crispy bumbu keju.

Udah cerita belum ya, waktu dirumah @desmadewi82 lagi ngobrol soal panci sama olala @bunda.3q kepengen beli panci, tau2 seperti semesta mendukung olala itu ada bapa2 ujug2 datang minta ijin mau demo masak.
Jadilah dia demo bikin jamur crispy pake panci, promosinya si panci bisa bikin kriuk tahan lama dan minyaknya bening jadi bisa dipake 2-3x lagi.
Ternyataaaa kemaren nyoba bikin dirumah itu emang kriuk dan akuh ga beli itu panci hahahaha, digoreng di panci beli di daiso 8 tahun lalu πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Terus keingetan kemaren belanja bulanan beli bumbu keju untuk kentang.
Eksperimen deh diaduk ke jamur, eh enaaaak loh jadi kaya chiki πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…*mulai halu*

Resep jamur crispy bumbu keju

Bahan
200 gr jamur putih
1 butir putih telur
250 gr tepung terigu
1 sdt garam
1 sdt merica
1 sdt kaldu bubuk
Minyak untuk menggoreng

Cara buat

Panaskan minyak goreng.
Cuci bersih jamur, peras sampai kering tidak ada air yang menetes lagi.
Masukan putih telur dan bumbu, aduk rata sambil diremas2.
Gulingkan ke tepung terigu, goreng sampai kecoklatan.

Diamkan sampai dingin, masukan toples, tuang bumbu keju, aduk rata.

Siomay

17-05-27-22-14-40-949_deco.jpg

 

Siomay udang campur ayam ini asli deh enak banget!

Tadinya mau pakai daging ayam aja, tapi pasti lebih enak dicampur daging udang.
Kemaren pas belanja bulanan emang diniatin bikin siomay beli udang sama ayam, tapi berhubung tumbang jd deh baru dibikin hari ini.
Dulu pernah dikasih resep sama alm dode, siomaynya endeeeees banget, sayang lupa nyatetnya dimana.
Kalo ga salah resepnya pake minyak ikan segala, cuma takarannya lupa seberapa ya daripada gagal lebih baik pake resep yang udah pernah dibikin aja.
Yang alhamdulillah bikin 1 resep jadinya 25 biji, yang bikin cm kebagian 3 biji doang, happy dong artinya enaaak.
Bentuknya ga karuan ya, abaikan lah selama enak dimakan mah hahaha.
Bikinnya lamaaaa abisnya ga keliatan, tau2 dibuka kukusan bambunya sisa kertas aja huahahahhaa.
Sungguh terlalu mereka.
Padahal udah dibikinin 1 siomay gede banget loh, 2 sdm adonannya. Tetep aja ga bersisa πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
KZL!!!

Bahan :

200 gr daging ayam
150 gr udang
5 sdm tapioka
1 sdm minyak wijen
1 sdm kecap asin
1 sdm garam
1 sdm gula
1 sdt merica
1 sdm kaldu bubuk
1 buah daun bawang, iris halus
3 buah wortel, potong dadu kecil2
1 buah wortel parut halus untuk taburan diatasnya
1 butir telur

Cara buat

Haluskan ayam dan udang, tadi pakai blender dikasih sedikit air.
Campur semua bahan.
Potong bulat kulit pangsitnya biar mudah membentuknya.
Beri 1-2 sdm adonan ke kulit, bentuk lipat membulat.
Kukus selama 15-30 menit.

Roasted chicken with gravy

IMG20170421173327.jpg

 

Roasted chicken with gravy.
(Resep dari ceu lazypod @pincoolio modifikasi by nyai)

Enak ceu bener euy, cuma tadi kayanya kebanyakan pake herbs, jadi bala Pisan ini hayamnya. Dan jreng jreng kan gw mah ga ditumis dulu ya bawputnya, zonk banget gw kelutuk masih heuras, haiiiiiz πŸ˜–πŸ˜–πŸ˜–πŸ˜–
Daaan wortelnya malah dipotong korek Api sama si emak πŸ™ˆπŸ™ˆ Overall enak lah, next kentangnya mau di fried aja lah enak kayanya cocol saus belibis.
Bahan :
7 pcs paha bawah
5 Buah kentang
10 Buah wort el
2 bonggol bawput
1 sdm garam
1 sdm lada Hitam
1 sdm mixed herbs atau seadanya Italian herbs dirumah aja.
2 sdm paprika bubuk
2 sdm minyak Sayur

Saus gravy :

3 sdm butter
5 sdm terigu
500ml air kaldu

Cara buat
Marinate ayam pake segala bumbu dan herbsnya juga minyaknya ya selama 2 jam – semalaman tergantung kebutuhan aja.
Rebus wortel dan kentangnya setengah mate ng, harusnya ditumis sebentar biar aduk ya. Tapi tadi ga pake ditumis Langsung panggang aja.
Ayamnya dimatengin dulu setengah mateng di Happy call atau Teflon biasa.
Susun deh sayuranya yang udah dibumbu Persis kaya ayamnya, trs ayam diatasnya, bawang putih ga usah dikupas, tapi harusnya ditumis dulu Itu bawang putihnya ya.
Panggang di oven kira2 30-45 menit Api besar.

IMG20170421173541.jpg

Saus gravynya :

Panaskan butter, masukan terigu aduk rata, tambahkan air kaldu aduk cepat sampai mengental.

IMG20170421173608.jpg