Menu lebaran

Hampir setiap tahun lebaran pertama selalu dirumah mertua. Karena beda selera dan kebiasaan, dirumah mertua jarang tersedia menu makanan khas lebaran ala kampung halaman. Jadi deh setiap tahun masak dirumah buat dibawa ke rumah mertua.

Menu wajib yang selalu aku masak yaitu kari ayam dan sambel goreng kentang. Bonusnya kalo sempet ya bikin ase cabe. Ternyata ga semua orang kenal sama masakan si ase cabe ini.

image

Aku pun tau karna dirumah mama selalu ada ase cabe pada saat lebaran. Lengkap dengan jeroan kaya paru goreng, babat goreng dll.
Makanya kenapa aku selalu masak agak banyak buat dibawa kerumah mertua, biar semua tamu dan sodara2 bisa ikut makan.
Urusan ketupat emang nyerah karna ribet bin rempongnya ituh, yang butuh waktu lamaaa bgt ngerebus sampe bener2 mateng, akhirnya pilihan jatuh pada lontong aja. Selain praktis rasanya juga ga jauh beda sama ketupat.

image

Ase cabe. Bahan utamanya ya pasti cabe, hehehe. Yang dipake cabe ijo.
Berikut bahan dan cara buatnya ya :

● 3 siung bawang putih iris, 6 bawang merah iris. Tumis dengan 3sdm minyak goreng.
● 1/2 kg cabe hijau, kerat tengahnya jangan sampai putus, buang bijinya, rebus sebentar.
● tambahkan 2 ruas jari laos.
● tambahkan 3 lembar daun salam.
● masukan 1 ons ebi/ udang kering, cuci bersih, rendam air panas(aku disaring hanya dimasukan airnya aja).
● tambahkan 450cc air.
● masukan 2 buah asam jawa.
● tambahkan 3sdm garam, 3sdm gula, 1sdm kecap manis.
● masukan 200cc santan encer.
Tunggu sampai cabe matang.

Rasanyaaa segeeeer banget. Asem2 manis pedes.

Buat resep sambel goreng kentang+krecek dan petenya juga kari ayam menyusul yaa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s