Nasi Kebuli Ayam

Yang berfikir bikin nasi kebuli itu ribet, angkat tangan? Lalu yang mikir bikin nasi kebuli salah satu bahannya adalah daun kari, ngacung?

Yap ternyata buatnya ga sesulit dan seribet yang dibayangkan ya. Jugaaaa kenapa ga nemu resep nasi kebuli tanpa daun kari ya selama ini. Secara keberadaan si daun kari ini bak nyari jarum diantara tumpukan jerami lebay yaa? Dan pagi ini disibukan oleh kegiatan ngubek si buku pintar. Bosen mau masak apa, nemu folder nasi goreng dan nasi kebuli. Pas intip bahan2nya jreng2 ga nemu daun kari dong disitu dan disitu juga dijelasin kalo penyajiannya cepet karna pake ayam.

20130123_132359-picsay

Sepanjang proses pembuatan perut berasa diurek2. Jam 12 tepat bikin masakan kaya akan rempah gmn ga dicabik2 ini daleman perut hahahaha, wangi dr rempah2nya beuuuh mantap cing. Next harus bikin pake daging kambing atau iga sapi.

Resep bisa diliat di sini
Berikut bahan dan cara buat yaa

Bahan :
500 gr beras pulen, cuci, tiriskan
3 sdm mentega/minyak samin gw pake minyak sayur biasa 
3 butir cengkeh gw pake 6 butir
2 butir kapulaga gw pake 4 butir
4 cm kayu manis gw pake 4sdt yang bubuk karna ga nemu yang batangan
1/4 pala memarkan
2 batang serai memarkan
1/2 ekor ayam potong dadu
500-600 ml kaldu/air

Haluskan :

8 butir bawang merah
6 butir bawang putih
2 cm jahe
2 sdt ketumbar
1 sdt merica butiran
1/2 sdt jinten
2 sdt garam gw tambah jd 2sdm atau diicip2 sampe dapet rasa yang pas aja

Pelengkap:
Acar : timun, wortel, nanas potong dadu. Tambahkan 1sdm garam dan 2sdm gula juga 3sdm cuka makan. Jangan lupa cabe rawit.Aduk rata.
Bawang goreng.

Cara buat :

● Kukus beras sampai setengah matang. Atau kalo gw beras di aron seperti mau masak nasi di kukusan.

● tumis bumbu halus bersama rempah2 hingga harum dan matang dan meremas2 isi perut

● masukan ayam, aduk hingga ayam kaku.

● tambahkan beras,aduk rata. Tuangi kaldu, masak hingga air terserap habis oleh beras.

● angkat, masukan kedalam kukusan. Kukus hingga matang. Angkat.

Sajikan dengan pelengkap.

Hasilnya ga boong ini enak banget. Kakang aja makan lahap banget dan banyak. Komentarnya : “ini kok nasinya enak banget sih” hahahaha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s