Tongkol ala Sardencis

IMG_5069Jadi karna trauma sama yang namanya ikan2an, selain banyak duri baunya yang amis bikin hoek2. Tapi nyesel deh baru kenal sama ikan2 yang ternyata kalo ngolahnya bener lebih enak dari daging sapi dan ayam hahaha.
Salah satu menu waktu kakang syukuran kemaren, iyam masak ini. Kebetulan tongkolnya dapet dari nenek di pelabuhan Ratu.
Ternyata kok rasanya mirip banget sama sarden kalengan yaa?asli enak banget hahaha. Mama aja heran skrg kenapa kamu suka ikan2an?huhuhu iya nih nyesel belakangan emang hahaha.
Berikut bahan dan cara buat yaa

Bahan :

2 ekor tonggol. Karna ditukang sayurnya adanya yang dikeranjang kecil isi 5 potong sepanjang jari, jadi pakenya 3 keranjang aja.
1 bonggol jahe(bener ga sih bonggol?hahaha), iris korek api
5 siung bawang putih, keprek
5 buah tomat
3 buah cabe merah iris halus
minyak untuk menumis
air secukupnya
Garam dan gula

Cara:

tumis bawang putih hingga menguning, masukan tomat, jahe dan cabe merah aduk sampai harum. Tambahkan air.
Beri garam dan gula, masukan tongkolnya tunggu sampai bumbu meresap.

Nb: suka kalo jahenya banyak jadi lebih dominan dan anget aja hehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s