Jajanan hits tahun 90an

IMG_6407.JPG

Jaman sd doyan banget sama arumanis ini. Disandingkan sama simping atau kerupuk tipis rasanya ga ada yang ngalahin deh.

Kalo dulu simpingnya tipis dan lebar, selebar piring kecil.
Jaman sekarang praktis deh.
Dijualnya diantara simping ukuran kecil dan udah dikantongin 1-1.

Tunggu jangan berfikir aku bisa bikinnya kan?
Jangan dilempar ember yaa hahahaha. Ini cm sekedar pengumuman aja salah satu jajanan yang masih jadi peer buat bisa bikin sendiri.

Suatu saat pasti bisa bikin sendiri. Ya, pasti bisa.
Kue ape, kue cubit, udah ditaklukin. Tinggal apa yaa? Ooo iya sama gula kapas itu loh susah alatnya, modalnya cm gula pasir padahal, hehehe.

Ngomongin jajanan waktu kecil dulu, betapa surga jajanan ya jaman dulu itu. Kalau sekarang anak sekolah jajannya ke mall, kesian para pedagang2 kecil gt loh. Ga semuanya ga higienis, ya walopun emang ga bagus karna bahannya ga tau apa yang dipake, cara buatnya gimana, bersih apa ga tangan si mamangnya yaa. Iya juga sih huahahaha.

Pengen bahas ah, apa aja jajanan fav jaman aku sd.

1. Arumanis
Penampakannya yang diatas tadi yaa.

2. Cotton candy

IMG_6424.PNG

Nah yang ini masih ada sampe sekarang, kalo dulu namanya permen kapas, skrg kerenan cotton candy.
Bahannya cuma dari gula pasir yang dikasih pewarna, trs si abangnya gowes alatnya pake kaki, kaya piringan yang muter lama2 si gula panas trs mejiiiiik jadi gumpalan kapas manis, enaaak!!!

3. Krip krip

IMG_6427.PNG

Yang ini skrg udah ga ada. Dulu waktu sd pecahan paling kecil 25 perak. Si krip krip ini harganya 25 dapetnya 4 huahahaha.
Jadi mie kering rasa keju gitu. Dulu karna uang jajan waktu sd cm 100 perak dieman2 jajannya. Dimakan pake bakso bibi tengahhanya yang sekolah sd yb yang tau bibi tengah pake sambel dan cuka yang banyak trs ditabur pake krip krip ini, duh nikmat banget!!!

4. Yosan gum

IMG_6431.PNG

Permen karet yang ada hurufnya disetiap bungkusnya. Kalo sampe ada yang bisa ngumpulin huruf dan nyusun kata yosan bisa dituker hadiah, hahahaha.

5. Coklat payung

IMG_6428.PNGj

Dulu jarang beli coklat payung ini karna harganya cukup mahal. 100 perak 1 nya. Dijadiin reward sama papa kalo bisa bikin pr sendiri. Ya ujung2nya tinggal nangis trs dibeliin deh huahhahaa.

6. Haw flakes

IMG_6422.JPG

Shanzha bing (Sanca) manisan China yang berasal dari buah hawthorn China. Manisan berwarna merah muda gelap ini biasanya dibentuk seperti koin dengan ketebalan sekitar 1 milimeter. Beberapa orang China mengonsumsi manisan ini untuk menetralkan rasa pahit setelah minum ramuan obat herbal yang pahit.[1] Shanza Bing juga disebut “Saan Zaa Beng” (山楂餅)dalam dialek Kantonis dan “haw flakes” oleh pengguna bahasa Inggris.
Sumber : wikipedia.com
Sampe sekarang masih nemu di total buah dijual 1 kantong besar.

7. Anak mas

IMG_6421.JPG

Mie kering pake bumbu kaya akan mecin tapi kok nikmat banget yaa.
Sempet jualan tahun 2012 tapi supliernya ga tau kemana. Bisa dibeli dimana yaa?

8. Mimi

IMG_6423.PNG

Kmrn sempet beli di total buah juga. Kalo sekedar kangen sama jajanan jaman dulu total buah jual loh beberapa.
Bungkusnya beda yang skrg gambar monster kalo ga salah sih.
Rasa berubah sedikit lah.

9. Permen sarsaparila merk Mr. Sarmento

IMG_6425.PNG

Permen rasa rootbeer. Paporit banget deh ini permen. Kalo pernah jajan permen ini berati kamu sudah tua hahahaha.

10. Permen strawberry

IMG_6429.PNG

Bentuknya kaya eennng ga tega ngomongnya hahahaha kecil2 gitu rasa strawberry, beberapa tahun kemudian muncul rasa lain kaya anggur dan jeruk.

11. Permen jagoan neon

IMG_6432.PNG

Ada cerita lucu dari permen ini. Waktu kelas 5 sd kan aku bangor pisan yaa layaknya anak laki2 senengnya lari2 ga bisa diem. Lalu sambil lari2 ngunyah permen ini, pas pulang kerumah langsung tidur siang kan. Papah ampe jerit2 karna panik anaknya bibirnya biru dikira sekarat huahahaha.
Aaah how i miss you pa 😭😭😭😭

12. Coklat roko

IMG_6430.PNG

Suka gegayaan layaknya orang lagi ngeroko. Awal keluar lagi2 papah panik kenapa anaknya sd ngeroko ditepislah si coklat ini, lalu anaknya mewek kejer. Huahhahaha

13. Coklat ayam

IMG_6426.PNG

IMG_6426-0.PNG

Kalo anak orang kaya coklatnya silverqueen, anak2 pas2an udah keren banget jajannya coklat ayam huahahaha.
Rasa manisnya pas, coklatnya lumer dimulut. Masih suka ada diwarung2 kecil yang jualan jajanan anak2 ko.

Ah ini masih segelintir kecil jajanan fav. Sebenernya masih banyak lagi kaya gulali yang dibentuk macem2, cilok bumbu kacang, simping siram sambel kacang, cireng.
Kayanya anak2 kecil jaman dulu bahagia banget kalo udah pernah jajan kaya yang diatas. Tar kalo nemu diupdate deh. Hehehe.

Foto yang diambil sengaja dicapture sama linknya yaa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s