Calamari lembut tanpa alot

IMG_6837

Dulu2 kalo bikin calamari itu ga pernah alot atau susah dikunyah.
Akhir2 ini kalo bikin kok ya kaya ngunyah karet yaa.
Kalau dulu triknya hanya didihin air panas sementar si cumi yang udah dicuci bersih dibalur pakai lemon atau jeruk nipis dan sedikit garam.
Sekarang pake trik itu ko jdnya alot yaa.
Kemungkinan cumi yang dibeli udah ga fresh alias udah lama, jdnya ketika di olah malah jd keras dan alot.
Banyak orang bilang cumi itu ga boleh lama dimasaknya bakalan jd keras dan alot.
Masak sebentar aja dijamin empuk.

Trs penasaran beberapa kali terakhir aku bikin kok alot. Pake resep dibalur pakai baking soda dulu lalu cuci bersih baru olah.
Ternyata emang bener teksturnya jd empuk banget ga ngajak berantem didalem mulut ketika dikunyah.

Berikut beberapa cara membuat cumi goreng tepung agar tidak alot ketika dimakan.

1. Direndam dengan susu cair
Setelah cumi dicuci bersih lalu rendam dengan susu cair plain selama minimal 2 jam atau seharian.
Jangan menggunakan susu bubuk ataupun susu kental manis yaa. Akan lengket dan cepat sekali gosong ketika digoreng karna susu bubuk dan susu kental manis banyak mengandung gula.

2. Jangan menggoreng terlalu lama
Teknik yang aku sebut di atas tadi, jadi jangan terlalu lama menggoreng cumi, cukup maksimal 2 menit atau kulit sudah kecoklatan langsung angkat.

3. Rendam dengan parutan nanas atau kiwi
Rendam dengan parutan kiwi atau nanas selama minimal 2 jam atau semalaman sebelum diolah.

4. Marinate dengan baking soda
Nah tips terakhir ini yang aku gunakan untuk menggoreng cumi goreng tepungnya.
Minimal rendam selama 2 jam atau semalaman lalu cuci di air mengalir sampai bersih lalu olah dan goreng.

Selamat mencoba yaa,

Salam cumi anti alot

Advertisements

2 thoughts on “Calamari lembut tanpa alot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s