Acar cabe rawit

image

Sebagai pencinta pedas, wajib hukumnya dirumah itu selalu sedia sambel atau minimal cabe rawit deh.
Di sukabumi itu ada yang namanya cuka kawung, warnanya putih susu ga bening kaya cuka biang yang dijual botolan, wanginya khas banget, asemnya juga ga setajam cuka biang.

image

Kalo suka makan direstoran chinese pasti bakalan nemu acar cabe dan bawang. Tapi berhubung ga suka bawang merah, jd lah di skip aja itu bawang

Buatnya gampang banget deh.

Bahan :

500 gram cabe rawit
500ml cuka kawung
100 gram gula pasir
6 sdm garam

Cara

Setelah dicuci bersih, rebus cabe rawit setengah matang. Di dalam toples kaca tuang cuka, aduk bersama gula dan garam. Lalu masukan cabe rawitnya. Sebelum dikonsumsi diamkan dulu minimal 1 hari supaya cuka dan bumbu meresap ke dalam cabe rawitnya.

Kuat berbulan2, makin lama makin enak dan empuk, rasa pedesnya lama2 makin ilang.
Enak banget kalo dimakan sama mie rebus, bihun rebus atau nasi goreng juga enak.

Note : harus ditoples kaca yaa jangan toples plastik.

Advertisements

4 thoughts on “Acar cabe rawit

    • Cuka kawung itu beda di fermentasinya mba, warna cukanya putih susu beda sama cuka biang yang bening kaya air. Bisa aja sih cm lebih tajem aromanya cuka biasa. Sedikit aja pakainya kalo cuka biasa campur air matang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s