Homemade(salmon) takoyaki.

  
Inget waktu hamil ade zazu ngidam takoyaki. Dibeliin takoyakinya sushi tei dan ga seperti ekspektasi deh rasanya, biasa banget. Kurang mantep.

Setelah pencarian sekian lama si katsuobushinya, dan saus bulldognya. Akhirnya udah 3x bikin sendiri si takoyaki ini walopun ga pake tako, karna peer juga nyari tako di bogor, kalopun ada yaa kudu beli 1 packing 1kg beratnya. 

Terlalu puas sama bikinan sendiri jadi kalo nemu di mall atau lagi jalan ga kepengen lagi beli kalo ga pengen banget hehehe. Setelah pencarian di google resep takoyaki akhirnya pake salah satu resep dan di modif sendiri. 

Ga usah berlama2 yaa langsung aja lah ke resep dan cara buatnya. Oia setiap bikin hanya pakai 1/2 resep karna jadinya juga banyak banget. Kalo ga punya pan takoyaki jangan sedih ini juga memanfaatkan pan yang ada dirumah aja, yaitu proffertjes pan. Memang sih bentuknya ga cantik bulet sempurna tapi ga apalah yang paling penting kan rasanya ya toh? 

Bahan : (ini 1/2 resep ya jadinya bisa 30 pcs kurang lebih)

  • 150 gr terigu
  • 1 butir telur
  • 50 gr sayuran, kol atau wortel
  • 350 ml air matang
  • 75 gr tako(bisa cumi atau seafood lainnya)
  • Tenkatsu(tepung tempura)

Taburan : nori biru, katsuoboshi(parutan skipjack tuna/cakalang asap yang dikeringkan), daun bawang yang diiris halus.

Saus : saus tako, mayonaise

Cara : 

  1. Campur semua bahan kecuali tako dan tenkatsu, aduk sampai kalis.
  2. Panaskan cetakan, oles minyak, tuang adonan, isi dengan potongan kecil tako.
  3. Sesudahberkulit taburi tenkatsu dan balik2 sampai membentuk bola dan matang, lakukan sampai adonan habis.
  4. Penyajiannya : taro tako, oles saos tako, taburi nori, beri mayonaise, taburi katsuoboshi dan daun bawang.

Saus bulldog : 

  • 5 sdm saus tomat
  • 1 buah tomat segar, cincang
  • 5 sdm kikoman( pakai shoyu halal merk wa ja shan)
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 1 sdt gula pasir
  • Air secukupnya

Cara buat: 

  1. Campur bahan jd 1 dipanci
  2. Masak sampai tomat layu dan harum dan kental
  3. Setelah masak semua, saring supaya sauskental dan lembut.
  4. Dinginkan dan siap dipakai.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s