Bolu kukus red velvet tanpa soda

  
 
Tiap pagi itu ade zazu ikut anter kakang sekolah, dan selalu ngelewatin jajanan kue basah dan selalu kepengen bolu kukus. Emang lebih praktis banget sih beli cm 2500 dapet 2, tapi kan ga tau ya bahannya apa aja..

Demi 1 nama higienis*ngok* jadilah demi anak kita bikin lah si bolu ini, dan nyoba yang tanpa soda, ternyata mekar juga ko. 

Berikut bahan, cara buat dan tips copas dari blognya mba Endang just try and taste.

Bahan:

– 250 gram tepung terigu serba guna(pakai Segitiga Biru)

– 200 ml susu cair (pakai susu cair Indomilk rasa vanilla)

– 3 butir telur, suhu ruang

– 150 gram gula pasir

– 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh bubuk vanili  

– 15 gram emulsifier (bisa pakai Ovalet atau Starkis, saya pakai SP)

– 1 sendok teh pasta coklat (saya pakai pasta Red velvet)

Cara buat 

  1. Siapkan mangkuk-mangkuk cetakan bolu kukus yang terbuat dari alumunium berlubang. Masukkan 1 atau 2 lembar kertas cup untuk membuat bolu kukus, ukuran kertas cup harus setinggi cetakan. Rapikan gerigi tekukan pada kertas cup agar terpasang rapi dan tidak terlipat. Tumpukkan masing-masing cetakan yang telah dipasangi kertas cup seperti gambar di atas agar kertas melekat dengan baik.
  2. Panaskan dandang, jangan isi air terlalu tinggi hingga menyentuh saringan, agar saat air mendidih tidak menciprati bagian dasar cetakan kue. Air yang mengenai dasar kue akan membuat bagian bawah kue menjadi bantat.
  3. Siapkan mangkuk mikser, jika anda menggunakan hand mixer maka pastikan mangkuk yang anda gunakan berukuran besar, karena adonan akan mengembang saat dikocok. 
  4. Masukkan tepung, gula pasir, emulsifier, susu cair, vanila ekstrak/vanili bubuk dan telur. Saya mengocok lepas telur + susu di mangkuk terpisah sebelum saya tuangkan ke tepung. Kocok adonan menggunakan speed rendah terlebih dahulu agar bahan tercampur baik kemudian ganti menjadi kecepatan tinggi. Kocok hingga adonan menjadi kental, mengembang dan berwarna putih. Ketika adonan disendokkan dan dijatuhkan kembali maka adonan terlihat pekat dan meninggalkan jejak. Matikan mikser.Note: Lamanya waktu mengocok tergantung dari jenis mikser yang anda miliki. Saya menggunakan mikser duduk Phillips, memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk membuatnya menjadi adonan yang saya inginkan. 
  5. Ambil separuh adonan, letakkan di mangkuk terpisah. Beri pasta coklat di salah satu adonan, aduk rata. Anda bisa menggunakan pasta pandan, meses, chocolate chips atau pewarna makanan lainnya. 
  6. Ambil seujung sendok makan adonan putih, tuangkan di dasar kertas cup, lanjutkan dengan seujung sendok adonan coklat dan tuangkan di atas adonan putih di cetakan. Lakukan menuangkan adonan berselang-seling hingga adonan memenuhi kertas cup. Anda bisa menggunakan cara lain untuk membuat bolu menjadi bermotif atau tanpa motif pun tidak apa-apa. Note: Cetakan harus diisi dengan adonan hingga penuh.
  7. Isi semua cetakan dengan adonan kemudian masukkan cetakan berisi adonan ke dalam dandang panas dengan menggunakan capit panjang. Alasi permukaan dandang dengan kain bersih yang mampu menyerap air sebelum ditutup dengan penutup dandang dan jangan buka penutup dandang selama kue dikukus. Kukus dengan api besar selama 15 menit.

*copas dari blognya mba Endang just try and taste*

Ada tips nya supaya bolunya bisa mekar sempurna, dicopasin lagi yaa.

  • Gunakan bahan sesuai resep tanpa melakukan modifikasi sedikitpun, kecuali untuk warna. Pengalaman saya selama ini gagal membuatnya adalah selalu melakukan modifikasi resep, menambahkan ini dan itu, padahal belum satupun saya berhasil membuatnya dengan benar.
  • Ikuti proses pembuatan dengan seksama. Umumnya bahan-bahan dikocok hingga mengembang dan kental, tandanya saat spatula disendokkan ke adonan dan dijatuhkan maka adonan akan terlihat berjejak. 
  • Untuk menghilangkan bau amis telur pada bolu gunakan 1 sendok teh vanila ekstrak atau essens vanila, niscaya bolu anda akan harum bebas bau amis. Ini menurut pujian teman-teman kantor saya yang berebutan menghabiskan semua bolu yang saya bawa ke kantor.
  • Gunakan cetakan bolu kukus yang berlubang-lubang kemudian masukkan cup kertas setinggi cetakan. Rapikan kertas cup agar pas menempati cetakan bolu. Saya mencoba menggunakan cetakan lain yang pendek dan menggunakan kertas cup pendek, hasilnya bolu tidak mekar sama sekali. Terus terang saya masih penasaran bagaimana membuat bolu kukus dengan cup kertas yang pendek namun bolu mampu mekar jauh melampaui kertas, jadi kalau anda memiliki tipsnya mungkin bisa di sharing disini. ^_^
  • Isi adonan hingga mencapai mulut kertas cup. Saya sudah mencoba segala macam gaya dalam mengisi adonan, mulai dari 1/2 tinggi cup, 3/4 tinggi cup hingga penuh, yang terbaik adalah isi hingga penuh.
  • Kukus bolu dalam dandang yang telah dipanaskan sebelumnya hingga mendidih menggunakan api besar. Jangan isi air dalam dandang terlalu tinggi hingga mencapai saringan kukusan, karena air yang meloncat-loncat saat mendidih dan mengenai bagian dasar cetakan akan membuat bagian bawah kue menjadi bantat.
  • Dandang harus dalam kondisi benar-benar panas, karena uap air yang panas ini yang akan membuat bolu mampu mekar dengan baik.
  • Jangan isi bolu terlalu banyak di dalam dandang agar uap yang dihasilkan bisa digunakan maksimal untuk masing-masing bolu. Sebaiknya kukus bolu bertahap dibandingkan semua cetakan dimasukkan ke dalam kukusan. 
  • Umumnya bolu dikukus selama 15 menit menggunakan api yang besar, alasi permukaan dandang dengan kain bersih yang menyerap air dan jangan buka penutup kukusan selama kue dikukus. Cek air yang tersisa dikukusan ketika bolu telah matang, tambahkan air jika kondisinya berkurang. Hati-hati jika menggunakan kain yang berwarna karena uap air kemungkinan akan membuat warna menjadi luntur dan menetesi permukaan kue. Bolu anda akan menjadi totol-totol. ^_^
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s