Ikan goreng bumbu pecak

IMG20180320083532

Entah kenapa tadi malem sebelum tidur tiba2 kepikiran ikan bumbu pecak. Ayam2an, daging2an kok ya bosen. Minggu ini mau coba masak full bahan ikan ah, semoga istiqomah. Hari senin udah masak ikan tongkol balado ala sardencis.
Sebetulnya deg2an pengennya ikan mujair dan kucuran jeruk limo, maklum kang sayurnya suka ga jelas tiap hari kadang stok ikan banyak dan aneka ragam, kadang cm sejenis doang, kadang ayam doang, daaan telat semenit raib lah itu jeruk limo.
Bener aja pas bumbu udah jadi, ikan udah cakep digoreng, limonya pas diperes airnya seuprit pisan. Dan ini bikin KZL!
Akhirnya inget terakhir makan2 sama geng pasmut makan pecak ikan di suatu tempat makan nemu biji asem jawa. Nah karna ga asem ga akan sedep, jadilah tadi itu ditambahin air asem, lalu karna yang suka pedes mamake doang akhirnya goreng cabe, diulek di piring, taruh ikan, siram bumbu pecaknya deh 😅
Sekalian mau PAMER ah, kalo skrg udah bisa GORENG IKAN SENDIRI DONG!!! *goyang dombret*
Setelah perjalanan panjang nanya resep ke temen2 yang pernah masak pecak dan enak, akhirnya from scratch bikin semuanya sendiri. .
Ikan mujair bumbu pecak
Sangrai :
2 buah cabe merah besar
15 buah cabe rawit(optional)
12 siung bawang merah
1 jari jahe
1 ruas jari lengkuas
5 buah kemiri
Tumbuk kasar.
6-10 buah ikan mujair, cuci bersih.
10 buah jeruk limo
2 sdm garam
3 sdm gula pasir
.
Goreng ikan mujair sampai matang.
kalau tadi bumbunya ditambah air, dimasak sampe uap panas aja ga sampe mendidih, cm biar bawangnya ga kerasa mentah aja.
susun ikan diatas piring, siram pake bumbu pecak, kucurin jeruk limo.
MANTAP!

Lalu dimakan sama nasi putih dan tumis caisim.

IMG20180320083456

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s